Seminar Ekonomi Islam

Posted: Juni 8, 2011 in Uncategorized

Berbicara mengenai ekonomi keislaman, maka kita akan mendapati bahwa Islam adalah agama yang komperhensif dan universal. Hal ini karena Islam bukan saja agama yg menjelaskan mengenai ritual peribadatan semata, namun Islam menyentuh seluruh sistem kehidupan, termasuk pengembangan ekonomi dan perbankan sebagai salah satu motor penggerak perekonomian bangsa.

Dalam Islam dikenal istilah muamalah, yakni aturan main manusia (rules of the game) dalam kehidupan sosial.  Dalam dunia muamalah pula dikenal istilah “tsawabit wa mutaghayyirat”, yakni prinsip dan variabel. Dalam sektor ekonomi, misalnya yang merupakan prinsip adalah larangan riba, sistem bagi hasil, pengenaan zakat sedangkan variabel adalah instrumen-instrumen untuk melaksanakan prinsip tersebut, misalnya penerapan asas mudharabah, Musyarokah, Murobahah. Tugas cendekiawan muslim sepanjang zaman adalah mengembangkan teknik penerapan prinsip-prinsip tersebut dalam variabel-variabel yang sesuai dengan situasi dan kondisi pada setiap masa. Pc Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Makassar sebagai salah satu patron gerakan intelektual kampus menilai perlunya suatu gerakan pencerahan terhadap aspek ekonomi khususnya ekonomi perbankan. Olehnya itu, seminar ekonomi islam ini adalah suatu ikhtiar dari IMM untuk mengulas lebih jauh sistem ekonomi perbankan syariah, utamanya di Indonesia, hingga praktek-praktek usaha perbankan sekarang, apakah variabel-variabel yg digunakan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Seminar Ekonomi Islam yang mengangkat tema “Implementasi syari’ah dalam membangun perekonomian ummat dan bangsa” berlangsung di gedung Training Centre UIN Alauddin Makassar pada tanggal 7 Juni 2011. Kegiatan ini didahului dengan pembukaan kemudian menghadirkan materi yang dibawakan oleh para pakar di bidang ekonomi dan islam. Hadir dalam kegiatan ini sebagai narasumber adalah Prof. DR. H Halide (guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin), Prof. DR. Gagaring Pagalung, S.E., M.S., Akt., Prof. DR. H. Arifuddin Ahmad, M.Ag. (Guru besar dan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar), dan DR. H. Muslimin Kara, M. Ag (Dosen Fak. Syariah dan Hukum UIN alauddin Makassar). Acara berlangsung mulai pukul 09.30 wita hingga pukul 14.30 wita dengan kuantitas peserta kurang lebih 82 orang dari berbagai pimpinan komisariat se-kota Makassar.

Sesuai dengan tema kegiatan, materi yang disajikan menyangkut tinjauan ekonomi Islam dari sisi normatif Islam, yakni Al-Qur’an dan Hadits yang dibawakan oleh ayahanda Prof. DR. Arifuddin Ahmad, M.Ag. Selanjutnya materi Implementasi Syari’ah dalam dunia perbankan dengan narasumber ayahanda DR. H. Muslimin Kara, M.Ag.
Materi berikutnya yakni Akuntabilitas Sistem Pengelolaan Keuangan berbasis Syari’ah dalam Perbankan Islam oleh ayahanda Prof. DR. H. Gagaring Pagalung, M.S., Akt. Adapun materi terakhir yakni Konsepsi perbankan Syari’ah dan Prakteknya dalam mewujudkan Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur oleh ayahanda Prof. DR. H. Halide.

Acara berlangsung semarak karena peserta sangat antusias dalam membahas problematika perbankan syariah di Indonesia dan didukung oleh pemateri yang sangat atraktif dalam mengupas masalah.

Seminar pada akhirnya ditutup dengan komitmen bersama untuk mengawali, menggerakkan, dan mengawasi implementasi nilai-nilai perekonomian Islam dalam seluruh denyut sistem lembaga khususnya lembaga ekonomi perbankan.

billahi fii sabilil Haq

Fastabiqul Khairat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s